zaterdag 19 december 2015

Komposisi makanan vegetaris

Semakin banyak informasi yang beredar di sekitar kita tentang makanan. Tapi kadang kita kebingungan untuk menentukan apa dan bagaimana makanan yang sehat. Kita memiliki begitu banyak bahan pangan di sekitar. Pilihan tergantung dari kita sendiri. Mau vegan atau mau makan segala jenis makanan, itu tergantung dari kita sendiri.

Dalam perjalanan kehidupan saya sampai saat ini, secara tidak disadari, saya lebih banyak mengkonsumsi bahan pangan nabati. Dulu, selain karena produksi hewani yang terbatas, daging dan ikan seringkali lebih mahal daripada tempe dan tahu, misalnya. Sekarang, dengan tingkat kesejahteraan yang lebih tinggi, keterbatasan itu semakin berkurang. Tinggal memilih dan membelinya. Kebebasan ini tentu harus diiringi dengan kebijakan untuk memilih dan menentukan apa yang ingin kita konsumsi.

Salah satu pegangan yang saya pakai untuk menentukan perbandingan makanan vegetaris adalah sebagai berikut:

50% sayuran
20% gandum dan beras (nasi, pasta atau couscous)
20% biji-bijian (kacang, kedelai/tempe dan tahu, dan keju)
5% lemak
5% bumbu-bumbu

Dengan komposisi seperti di atas, terlihat bahwa sayuran menjadi utama, bukan nasi atau lauknya. Dengan banyak mengkonsumsi sayuran, kita akan memiliki proses pencernaan yang lebih baik. Ini karena serat-seratnya yang banyak membantu tubuh kita. Itulah sebabnya, kita dianjurkan untuk lebih banyak mengkonsumsi sayuran.

Geen opmerkingen:

Een reactie posten