dinsdag 12 mei 2015

Kreatif memasak tanpa resep






Di masa saya kecil, anak perempuan masih diarahkan untuk bisa memasak. Cara belajarnya tidak perlu ke sekolah melainkan ikut membantu memasak setiap hari. Kegiatan memasak itu menjadi ajang belajar yang paling bagus dan gratis. Berbeda dengan saat ini, di sekitar saya, ada banyak perempuan yang tidak bisa memasak. Ada masanya, anak-anak tidak diarahkan untuk bisa memasak. Mereka diarahkan untuk lebih menekuni pendidikan di bangku sekolah.


Di Belanda, ada banyak sekali kursus atau workshop memasak. Minat untuk mengikuti workshop itu terlihat tinggi. Mereka menawarkan berbagai macam workshop masakan. Bahkan dan perempuan Belanda yang berani memberi workshop masakan Indonesia dan Thailand.

Meskipun saya termasuk lahir di generasi yang agak tradisional, perempuan diharapkan bisa memasak, tapi sebenarnya, saya tidak tidak begitu pandai memasak seperti generasi ibu. Saya lebih suka memakai cara dan imajinasi sendiri ketika memasak. Tidak selalu memakai resep baku ketika memasak. Pernah suatu ketika, ibu saya mengatakan kalau saya tidak bisa memasak. Mungkin maksud beliau adalah, saya tidak bisa memasak seperti beliau yang menggunakan resep baku.

Ketika mulai hidup di Belanda, saya perlu belajar dengan berbagai hal yang baru termasuk dalam proses memasak. Memang di sini ada banyak bumbu dan bahan-bahan memasak seperti di Indonesia tapi tidak semua tersedia. Dengan demikian, saya perlu kreatif dalam proses memasak.

Bersyukur, sejak kecil, saya suka menggunakan cara dan metoda yang tidak biasa. Dengan bahan dan peralatan yang ada, saya mencoba memasak berbagai jenis masakan. Setiap hari, menjadi tantangan tersendiri yang menyenangkan untuk memasak.

Kalau masih belum percaya diri, gunakan buku resep untuk menjadi sumber ide. Lihatlah jenis bahan pangan yang ada kemudian kembangkan ide yang didapat dari buku. 


Geen opmerkingen:

Een reactie posten