vrijdag 13 maart 2015

Menyemai benih tanaman



Hampir setiap kali memasak, saya suka menyisihkan biji sayuran atau buah-buahan.
Mulai dari tomat, lombok sampai melon.
Kini, musim semi hampir tiba, saya sudah mulai menyemai benih yang dikumpulkan.
Sejak 2 minggu yang lalu, saya mengeluarkan segala macam pot kecil-kecil.
Kemudian, saya taruh tanah yang khusus untuk menyemai tanaman.
Tanah itu bisa dibeli di supermarkt tanaman dan bunga.
Jika tidak bisa membeli tanah semai, kita bisa membuat sendiri.
Caranya adalah dengan mencampur tanah dan pupuk, baik pupuk organik maupun pupuk buatan.

Masukkan satu biji benih ke dalam pot (bisa menggunakan segala macam wadah).
Basahkan tanah di dalamm pot.
Buat label jenis benih yang ditanam.
Beri air secukupnya dan secara rutin.

Berbeda dari negeri tropis yang selalu panas dan penuh cahaya matahari, di sini, saya perlu memperhatikan letak pot semai. Yaitu di tempat yang terkena cahaya matahari.
Oleh karena masih dingin, saya meletakkan pot-pot itu di dalam rumah.

Kini, benih-benih itu sudah mulai menampakkan diri.
Setiap hari, perkembangan mereka sangat menarik untuk diamati.
Sangat luar biasa ...

Silahkan mengumpulkan benih dan menanamnya.
Kita akan memiliki sumber makanan yang sehat dan gratis.


Geen opmerkingen:

Een reactie posten