zondag 5 oktober 2014

Menyelamatkan makanan Pot Luck agar tidak basi

Kemarin, saya mengikuti pertemuan bersama ibu-ibu di kota Enschede (dekat dengan perbatasan Jerman). Mengobrol, bercanda, bersilaturahmi dan tentu makan-makan. Setiap peserta membawa makanan sehingga pertemuan kemarin memiliki makanan yang berlimpah ruah.

Setelah acara selesai, beberapa teman mengkoordinir pembagian makanan ¨pot luck¨itu. Lumayan juga bawaanku. Jadi bervariasi. Ketika ke sana hanya membawa 1 jenis makanan, ketika pulang bisa membawa lebih dari 10 jenis makanan. Meskipun tidak banyak jumlahnya tapi cukuplah memenuhi koelkast kami yang mungil.

Beberapa waktu yang lalu, saya lupa memanaskan makanan ¨pot luck¨sehingga menjadi basi. Biasanya makanan yang dibawa itu sudah tidak segar: di masak 2 hari yang lalu dan dibiarkan terbuka selama pertemuan.

Agar makanan ¨pot luck¨itu tidak basi, saya memanaskannya di dalam oven. Tentu makanan yang cocok untuk dipanaskan di dalam oven, seperti: lauk pauk goreng-gorengan. Untuk makanan berkuah, segera panaskan dalam panci dan tambah air sedikit sehingga panasnya merata.

Geen opmerkingen:

Een reactie posten