dinsdag 7 oktober 2014

Posisi panci di atas kompor

Seperti pernah saya tulis bahwa blog ini menampilkan hal-hal kecil dan yang kelihatan sepele dalam proses memasak. Nah, pada suatu kesempatan, saya belajar dari ibu mertua tentang keselamatan dalam memasak.

Sebelumnya, saya tidak pernah memperhatikan posisi panci atau wajan di atas kompor ketika memasak. Sampai suatu ketika, saya menginap di rumah  mertua. Pada waktu itu, dia selalu meletakkan panci, ketel atau wajan di bagian paling belakang, di dekat tembok. Bukan di bagian yang langsung bersinggungan dengan tubuh kita.

Hal itu saya tanyakan pada ibu mertua. Dia kaget dan kemudian dia menjawab:¨Belum pernah ada orang yang mengajukan pertanyaan seperti ini¨.
Kemudian, sambil tersenyum, dia melanjutkan kalau hal itu merupakan cara yang paling aman ketika memasak. Bayangkan, kalau pancinya terguling dan isinya tumpah? jika panci itu terletak di depan kita maka isi akan langsung mengena tubuh kita.

Äha ...!¨ benar juga penjelasan ibu mertua.

Selanjutnya informasi itu terus saya sampaikan ke anak kami. Biar dia juga selalu memahami akan resiko ketika memasak dan mengetahui cara yang aman ketika memasak.

Geen opmerkingen:

Een reactie posten