zondag 18 januari 2015

Membekukan makanan atau bahan pangan yang pernah dibekukan?


freezing  in my village


Membekukan makanan atau bahan makanan merupakan sebuah cara untuk mengawetkan atau menyimpan makanan/bahan makanan. Jenis bahan -makanan yang bagaimana yang bisa kita bekukan agar kualitasnya tetap bagus? bisakah kita membekukan kembali bahan-makanan yang pernah dibekukan?

Salah satu patokan dasar untuk mengawetkan makanan dengan cara membekukannya adalah kesegaran bahan makanan dan makanan. Semakin segar makanan akan semakin baik kualitasnya setelah dibekukan. Baik itu untuk sayuran, buah-buahan, daging atau makanan jadi.

Untuk membekukan sayuran, sebaiknya sayuran itu direbus dulu dengan cepat dan dalam air mendidih. Setelah matang, siram dengan air dingin kemudian segera dimasukkan dalam kantong plastik atau boks plastik yang khusus untuk membekukan makanan. Simpan dalam freezer.

Bahan pangan dan makanan yang pernah dibekukan TIDAK layak  untuk dibekukan kembali. Mengapa? dalam proses pembekuan, bahan pangan dan makanan akan kehilangan cairannya. Dengan membekukannya kembali, rasa bahan pangan dan makanan akan hilang dan akan semakin kering.

Selain hal di atas, dalam proses pencairan, ada kemungkinan bahan pangan dan makanan itu terkontaminasi dengan bakteri atau hal-hal yang membahayakan.

Agar kita lebih mudah mencairkan bahan pangan dan makanan yang pernah dibekukan, sebelumnya kita perlu memikirkan strateginya. Salah satunya adalah dengan membuat porsi yang kecil-kecil sehingga di masa depan tidak perlu membuang bahan pangan atau makanan.


Geen opmerkingen:

Een reactie posten