woensdag 9 maart 2016

Khasiat rempah-rempah: kayu manis, cengkeh dan jahe



Tidaklah mengherankan kalau ratusan tahun yang lalu, orang-orang Eropa berusaha keras mendapatkan rempah-rempah dari bumi Indonesia. Khasiatnya sangat banyak. Lebih dari 400 tahun yang lalu, harga rempah-rempah itu sangat mahal. Bahkan ada istilah peperduur untuk mengatakan sesuatu sangat mahal. Secara harafiah, peper berarti lada/merica dan duur berarti mahal.

Kayu manis digunakan oleh banyak orang tidak hanya untuk masakan tapi bisa juga untuk berbagai hal, seperti parfum. Sebagai bumbu, kayu manis memiliki khasiat yang menghangatkan tubuh,  selain itu juga bahan anti oxidant dan mampu menurunkan kandungan gula dalam darah.

Cengkeh yang harum baunya mungkin lebih memiliki asosiasi dengan rokok kretek. Di banyak negara, cengkeh ini dipakai untuk berbagai tujuan sampai obat-obatan. Cengkeh bermanfaat sebagai bahan yang memperlambat terjadinya sakit, mengandung bahan anti bakteri dan memberi kalsium dan magnesium.

Jahe sebagai bahan minuman yang menghangatkan tubuh. Jahe juga bisa dipakai untuk mencegah infeksi dan menstimulasi kerjanya organ-organ tubuh bagian dalam dan peredaran darah.

Geen opmerkingen:

Een reactie posten