maandag 14 september 2015

Persiapan Memasak untuk banyak orang

Dua pekan terakhir, saya diminta memasak untuk lebih dari 60 orang. Semula saya meragukan kemampuan karena belum pernah melakukannya. Setelah ada seorang teman lain yang mau bekerja sama, akhirnya kami memasak bersama.

Dari pengalaman memasak tersebut, saya belajar banyak hal. Mulai dari persiapan sampai penyajian masakannya. Ternyata tidaklah mudah untuk memasak bagi banyak orang. Diperlukan strategi dan ketrampilan tersendiri. Beberapa hal yang perlu diperhatikan ketika memasak bagi banyak orang.

Persiapan yang bisa kita perhatikan:

  1. Riset selera orang: misalnya bertanya kepada pemberi order tentang siapa yang akan ikut makan, seleranya seperti apa, pantangan apa saja, berapa orang yang vegetaris, adakah orang yang alergis, halal, usia mereka.
  2. Tentukan menu bersama pemberi order dan sesuaikan dengan tenaga, waktu, bahan dan peralatan yang dimiliki.
  3. Buat daftar belanja dan sesuaikan jumlahnya dengan resepnya.
  4. Siapkan peralatan memasak dan letakkan di atas meja: panci, pisau, telenan, serbet, dst.
  5. Siapkan bahanan masakan di atas meja dan buat urutannya.
  6. Siapkan resep setiap jenis masakan dan tempel di dinding. Hal ini untuk menghindari ¨bumbu¨yang terlupa. Catatan resep ini sangat membantu untuk menentukan porsi bumbu yang akan kita pakai. 
  7. Buatlah daftar masakan yang akan dibuat. Sesuaikan dengan tingkat kesulitan dan kesegaran masakannya. Misalnya, kita bisa membuat sambal terlebih dahulu, kemudian salad yang terakhir. 
  8. Siapkan meja yang lapang dan bersih tempat kita menyiapkan masakan.
Selamat mencoba

Geen opmerkingen:

Een reactie posten