dinsdag 22 september 2015

Menanam di negeri 4 musim

Sejak kecil saya menyukai kegiatan tanam menanam. Mulai dari menanam bunga sampai pepohonan. Rasanya sangat bahagia ketika melihat benih-benih yang kecil itu tumbuh menjadi sebuah pohon. Bersyukur ketika melihat bunga-bunga dan buah-buahan di antara pepohonan di kebun. Ada keterikatan tersendiri dengan alam sekitar dan menjadi bagian dari mereka.

Dulu, saya tidak perlu memikirkan perubahan cuaca dan musim. Hanya perlu memikirkan tentang memberi air dan pupuk saja. Alam Indonesia sangat ramah sehingga tidak berpikir tentang hari yang akan dingin, misalnya.

Kita dimanjakan oleh alam. Mentari selalu bersinar dan tanaman tumbuh dengan subur. Alangkah sayangnya kalau kita tidak memanfaatkannya. Seandainya setiap orang Indonesia memiliki kebun yang menyediakan sayuran dan buah-buahan alangkah kayanya kita.

Meskipun saya tidak memiliki kebun yang luas, tapi saya mencoba menanam. Mulai dari bumbu-bumbu ala Eropa seperti oregano, peterseli, dan thyme. Selain itu, saya mencoba menanam sereh, kencur, jahe, kunyit dan tentu sayuran.

Oleh karena musim selalu berubah maka perlu memperhatikan karakter setiap tanaman. Jauh hari sebelum musim semi tiba, saya akan mulai menyemai benih. Kemudian begitu hari mulai hangat, saya akan menanamnya di luar.

Benih-benih itu bisa dibeli atau biasanya, saya menggunakan benih yang saya kumpulkan sendiri. Rumah kami yang mungil akan penuh dengan pot-pot untuk menyemai tanaman.

Ketika musim semi tiba, bunga.bunga yang saya tanam di musim gugur seperti tulip akan bermekaran. Indah sekali ...

Sejak musim semi sampai awal gugur, kami bisa menikmati keindahan tanaman di luar. Begitu hari mulai dingin, saya akan berusaha untuk memindah tanaman yang tidak tahan dingin ke dalam rumah. Kadang sangat repot karena rumah kami tidaklah besar.

Seperti hari ini, saya mulai membersihkan pot-pot dan tanaman yang tidak tahan dingin. Ada beberapa tanaman kenikir, bayam,.bayam, melati dan beberapa tanaman lainnya.

Semoga tanaman-tanaman itu bertahan sampai musim semi tahun depan.

Geen opmerkingen:

Een reactie posten