zondag 28 september 2014

Menyusun menu: ide dasar 4 sehat 5 sempurna dan bervariasi



menu makan siang ala Turki

Seringkali saya agak bingung untuk menentukan menu harian. Berbagai ide bermunculan dan ide-ide itupun belum tentu terwujud. Kalau saya bertanya ke mas bojo dan anak, mereka malah balik bertanya. Kadang mereka memberi ide tapi seringkali malah membuatku memiliki tambahan pekerjaan. Lha mereka meminta masakan yang eksotis alias susah dilakukan. Agar semua puas maka biasanya kami membuat kesepakatan bersama. Kadang Cp boleh menentukan menu di hari sabtu atau minggu. Kemudian, saya ajak dia untuk memasak bersama. Sekali dayung, dua tiga pulau terlampui...

Salah satu ide yang seringkali saya jadikan pathokan atau pegangan adalah kata kunci: 4 sehat 5 sempurna.

Dari kalimat itulah saya mengembangkan menu seharian.
  1. Makanan Pokok
  2. Lauk-Pauk
  3. Sayur-Mayur
  4. Buah
  5. Susu,
 Dari 5 hal itulah, saya mengembangkan menjadi menu. Berawal dari pertanyaan:
1. Mau makan nasi, roti, pasta atau sumber karbohidrat lainnya?
2. Setelah menentukan makanan pokoknya, pertanyaan berlanjut, mau diberi lauk apa? daging, ikan atau nabati (tahu tempe misalnya?)
3. Sayuran apa yang cocok untuk melengkapi menu?
4. Buah-buahan biasanya kami santap sebagai makanan penyela dalam waktu sehari (biar tidak hanya ngemil)
5. Susu, bisa diwujudkan dalam bentuk dessert lainnya, seperti joghurt.

Hal penting yang perlu saya perhatikan adalah variasi makanan dalam 1 minggu. Selain tidak membosankan, menunya juga akan lebih sehat dan membuat kita semangat untuk makan.




Geen opmerkingen:

Een reactie posten